Menu

Perjalanan Green Day meraih kesuksesanya


Green Day
          Perjalanan Green Day meraih kesuksesanya – Green Day begitulah dunia memanggil mereka, Green Day adalah salah satu band yang berhasil membuat genre Punk Rock kembali bersinar diera 90’. Seperti apakah awal terbentuknya band ini? seperti apa perjalanan mereka untuk mencapai kesuksesan? Untuk lebih lengkapnya langsung saja kita bahas.
          Awal kisah perjalanan Green Day terukir dikota Barkeley, California, Amerika pada tahun 1987. Green Day sendiri mengusung genre Punk Rock, Pop Punk, dan Rock Alternatif. Pada awal pembentukanya band ini beranggotakan, Billie Joe
Armstrong (vocal, gitar), Mike Dirnt (bass), dan John Kiffmeyer (drum). Namun
setelah mereka merilis album pertama mereka yang bertittle “39/Smooth”, John yang kala itu adalah drumer diband tersebut memutuskan untuk hengkang dengan alasan ingin melanjutkan kuliah. Kemudian masuklah Tre Cool yang menggantikan posisi yang ditinggalkan John dan masih bertahan hingga saat ini.
          Dengan formasi ini, Green Day kembali merilis album kedua mereka yang berjudul “Kerplunk”. Lalu mereka juga merilis album terobosan berjudul “Dookie” yang berhasil mendapatkan tittle diamond dari RIAA (Recording Industry Association of America). Album ini adalah awal dari kesuksesan Green Day, namun berbeda jauh dengan tiga album berikutnya yaitu “Insomniac”, “Nimrod”, “Warning” yang bisa dibilang gagal dipasaran walaupun album “Insomiac” dan “Nimrod” berhasil meraih status Platinum, dan album “Warning” yang berhasil mendapat status emas namun secara keseluruhan untuk popularitas dan kesuksesan Green Day menurun drastis dari album sebelumnya.
          Pada tahun 2004 album “American Idiot”, album yang bergenre Rock Opera yang berhasil mengembalikan kesuksesan Green Day diindustri permusikan America. Album tersebut terjual sekitar 5 juta copy di America. Album ini nyaris menyapu bersih semua kategori di MTV Music Award dengan berhasil memenangkan tujuh dari delapan penghargaan yang dinominasikan untuk mereka. Dan pada penggarapan album ini mereka mendapat gitaris tambahan, adalah Jason White yang masuk sebagai gitaris kedua sejak awal penggarapan album ini sekaligus menjadi gitaris tambahan.
          Setelah vakum beberapa tahun mereka kembali merilis album baru, adalah “21st Century Breakdown” album kedelapan mereka yang dirilis pada 15 mei 2009, album ini juga mendapat respon positif dikalangan pencinta musik. Album ini berhasil menduduki tangga teratas di 14 negara, dan mendapat status emas maupun platinum di masing masing negara. Album dengan hitsnya “21 Guns” ini sekaligus mempertegas akan kesuksesan Green Day.

Mike Dirnt, Billie Joe Armstrong, Tre Cool
         Kesuksesan Green Day tidak hanya sampai disana, pada world tour album “21st Century Breakdown”, sang vocalis Joe Armstrong mengatakan bahwa mereka sedang mengumpulkan materi materi untuk album baru mereka. Mereka berhasil merilis album kesembilan mereka yang bertajub “iUno!” dan diresmikan pada 24 September 2012. Album ini juga mendapat respon positif dari pengamat musik dan masuk dalam chart Billboardd 200. Album ini adalah rangkaian pertama dalam trilogi album yang mereka rencanakan, rencananya 2 album berikutnya adalah “iDos! Dan “iTre!” yang dirilis tahun 2012 dan 2013.
          Pada awal pembentukanya, nama band ini adalah Sweet Children namun dengan alasan untuk menghindari kerincuan nama dikedepanya, karena pada saat itu ada band lokal dengan nama Sweet Baby. Kemudian mereka mulai memulih dan memilah nama baru yang pas untuk band mereka, dan akhirnya mereka setuju menggunakan nama Green Day yang diambil dari kebiasaan mereka yang sering menghisap ganja seharian, pada saat mereka dalam keadaan memakai menghisap ganja mereka menyebut hari tersebut sebagai hari hijau, jadilan Green Day. Kesuksesan Green Day diakui banyak pengamat musik dunia setelah mereka berhasil membakitkan musik punk rock.
          Demikian rangkuman tentang Green Day, yang Dtrspot26 bisa sajikan untuk kalian guys, jika ada salah salah kata mohon kemaklumanya. Banyak baca banyak ilmu ya guys, hehe. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi, Terima kasih...
             Baca juga : Kisah perjalanan Foo Fighters

No comments:

Post a Comment