Menu

Perjalanan karir Metallica



            Perjalanan karir Metallica – Apa kabar guys? Untuk kesempatan kali ini, Dtrspot26 akan membahas tentang band asal Los Angeles, Metallica. Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengenal band yang mengusung genre Heavy Metal ini kan guys. Langsung saja kita masuk ke inti pembahasanya yuks guys...
          Metallica terbentuk di Los Angeles, Amerika serikat sekitar tahun 1981. The Young of Metal Attack adalah nama awal yang mengawali perjalanan karir Metallica. Beberapa bulan kemudian barulah mereka menggunakan nama Metallica untuk band yang bergenre Heavy Metal tersebut. Nama metallica adalah gabungan dari kata Metal dan Vodca menurut isu yang beredar kala itu.
          Awal perjalanan karir Metallica berawal dari single pertama mereka yang berjudul “Hit the Light”, yang masuk album kompilasi rock berjudul “Metal
Massacre”. Pada saat itu formasi Metallica antara lain James Hetfield (vocal & gitar), Lloyd Grant (gitar), Ron Mc Govney (Bass), dan Lars Ulrich (drum).
          Setelah “Metal Massacre” beredar dipasaran, Ron (basis) dan Grant (gitaris) mengundurkan diri dari band tersebut. Posisi Ron digantikan Cliff Burton, dan posisi Grant digantikan oleh Dave Mustaine. Beberapa bulan kemudian mereka merilis demo album berjudul “No Life Till Leather”, demo inilah yang mengantar perjalanan karir Metallica ke jenjang yang lebih profesional.
Pada tahun 1881 mereka hijrah ke New York untuk serius terjun didunia permusikan internasional. Setelah 2 tahun berselam perjalanan karir Metallica, mereka berencana melakukan tour kota, namun pada saat itu James Hetfield dan Dave Mustaine terlibat perseturuan, akibatnya Dave memutuskan hengkang dan membentuk band baru. Itulah cikal bakal terbentuknya Megadeth yang popularitasnya tak jauh berbeda dengan Metallica didunia musik keras. Posisi gitar kemudian digantikan oleh Kirk Hammett. Album ketiga mereka “Kill ‘Em All” tercipta dari formasi ketiga ini.
Ditahun 1984 nama Metallica mulai dikenal luas setelah mereka merilis album ke empat mereka yang berjudul “Ride the Lightning”. Mereka juga merilis mini album yang bertajub “Jump In The Fire” untuk memperlancar promosi mereka. Album “Ride the Ligthning” itu bertahan sekitar satu tahun di Billboard top 200 dan mengantar perjalanan karir Metallica ke jenjang internasional.
Pada tahun 1995 perjalanan karir Metallica lebih bersinar dengan album kelima mereka “Master of Puppets”, yang laris dipasaran dan mampu bertahan sekitar 72 minggu di Billboard Top 40. Pada tahun 1886 basis Metallica, Cliff Burton meninggal dunia, bus yang ditumpanginya mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan tour Metallica di Skandinavia. Kejadian itu sangat memukul para personil Metallica, bahkan Dave Mustaine pun mengenang Cliff Burton dalam lagu “In My Darkest Hour” di album Megadeth yang berjudul “So Far.. So Good.. So What!”. Kemudian posisi basis Metallica diisi oleh Jason Newsted.
Album ketujuh mereka yang berjudul “...And Justice For All” dirilis, berbeda dari album album diawal perjalanan karir Metallica. Dalam album ini mereka mulai menggunakan vidio clip disetiap lagunya. Vidio clip pertama mereka ada dilagu yang berjudul “One”, dan vidio itu mampu menempati puncak di MTV Music Award. Keberhasilan itu mendorong mereka untuk memproduksi vidio clip untuk album sebelumnya yaitu album “Kill ‘Em All”, kebanyakan vidio clip dalam album tersebut adalah vidio untuk mengenang Cliff Burton.
  Pada tahun 1990’n perjalanan karir Metallica sangat bersinar dengan rilisan album baru mereka berjudul “Metallica”, yang mampu menjadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa. Album ini juga mendapat penghargaan di Grammy Award atas kategori penampil Metal terbaik dua tahun berturut turut.
Masih diitahun yang sama, meskipun kesuksesan telah mewarnai perjalanan karir Metallica, mungkin tidak serta merta membuat para personil semakin kompak. Kali ini Jason Newsted (basis) yang menggantikan posisi Cliff Burton beradu mulut dengan James Hetfield, karena Jason Newsted kala itu sering menghabiskan waktu untuk menggarap proyek pribadinya, ketimbang bersama Metallica. Hal itulah yang membuat James Hetfield geram, lalu Jason Newsted memutuskan untuk hengkang. Kemudian posisi basis digantikan oleh Robert Trujillo.
Pada tahun 2008 Metallica kembali merilis album kesembilan mereka yang berjudul “Death Magnetic”, album ini diproduseri oleh Rick Rubin. Kemudian ditahun 2011 Metallica merilis EP album bersama band Loud Reed yang berjudul “Beyond Magnetic”.
Bagaimana guys? Apa perjalanan karir Metallica menginspirasi kalian? Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah perjalanan musisi musisi legendaris didunia. Semoga rangkuman yang Dtrspot26 telah sajikan diatas bermanfaat bagi sobat sekalian. Sekian dan Terima kasih.
Baca juga : Terbentuknya Linkin Park, dan perjalananya

1 comment:

  1. Saran aja nih min, tolong kalau menulis tahun yang benar. Biar tidak disangka penipuan sejarah. Dibaca dan dicek lagi tulisan anda. Terima kasih

    ReplyDelete