Menu

Biografi Dave Grohl, Foo Fighters



            Biografi Dave Grohl, Foo Fighters - Untuk kesempatan kali ini Dtrspot26 akan membahas tentang musisi multi instrumentalis yang satu ini. Apa sebelumnya sobat sekalian udah pernah dengar tentang Dave Grohl? Ya benar, dia adalah eks drumer band grunge papan atas, Nirvana.
          David Eric Grohl atau Dave Grohl lahir pada 14 January 1969 di Ohio, Amerika. Kenapa Dave disebut sebagai musisi multi instrumen? alasanya karna musisi yang satu ini pernah menjadi drumer sukses di Nirvana, lalu saat mendirikan Foo Fighters dia berperan sebagai vocalis, gitaris, dan penulis lagu. Wow keren yahh....
          Bukan hanya bekerja untuk Foo Fighter, namun dia juga memiliki banyak proyek seperti berkontribusi dalam rekaman band Queen of Stone Age, beberapa tahun lalu dia juga sempat menggarap proyek film Sound City. Selain itu Dave juga sering
melakukan sesi kerja sama sebagai drumer untuk musisi lain seperti Nine Inch Nails, David Bowie, Slash, Tom Petty and The Heartbreakers, Lemmy Kilmister dan masih banyak lagi.
           Saat berusia 6 tahun orang tua Dave bercerai, dan Dave tinggal bersama ibunya, awal dia bermusik adalah pada saat dia berumur 10 tahun. Pengaruh utama dari cara bermusik Dave adalah Led Zeppelin dan Jimmy Page. Awalnya iya kursus gitar selama satu tahun dan berhenti karna dia tak menemukan apa yang dia inginkan. Akhirnya dia memilih belajar secara otodidak dengan belajar mengulik koleksi rekaman The Beatles dan Led Zeppelin.
Selain bermain gitar ia juga berlatih drum, orang yang sangat berpengaruh pada permainan drum nya adalah John Bonhman (drumer Led Zeppelin), Dave meniru gayanya dengan memukul drum sekeras kerasnya. Beberapa saat kemudian saat Dave mendengarkan koleksi kaset rekaman milik sepupunya, dia mulai terpikat pada Hardcore Punk dan dia pun beralih ke HC Punk. Dia belajar banyak tentang gaya permainan HC Punk yang bisa dibilang liar. Dipertengahan usia remaja Dave bergabung dengan band punk lokal yaitu Freak Baby sebagai gitaris.
          Pada usia 17 th Dave mengikuti audisi untuk posisi Drumer di band Hardcore Punk lokal yang terkenal pada saat itu yaitu Scream. Dan Dave pun lolos audisi, dan langsung keluar dari sekolahnya untuk mengikuti tour Scream dan nama Dave Grohl pun menjadi perbincangan dikalangan pecinta musik punk karena permainan Dave yang sangat memiliki ciri khas dan jauh berbeda dengan drumer punk lain yang bisa dibilang asal pukul pada saat itu. Sekitar tahun 1987 Buzz Osborne personil The Melvin memperkenalkan Kurt Cobain, Krist Novoselic, Aaron Burkhard pada Dave dan mengajak Dave menonton konser band Kurt.
          Tak lama kemudian Aaron yang berperan sebagai drumer memutuskan keluar dari band Kurt yang kala itu masih bergonta ganti nama, lalu pada tahun 1988 Chad Channing (drumer) dan  Jason Everman (gitaris kedua) bergabung dalam band tsb, namun pada akhir tahun 1989 Jason Everman keluar dan disusul Chad Channing. Barulah pada tahun 1990 Dave Grohl masuk di band tsb setelah Scream bubar dan akhirnya mereka (Kurt,Krist,Dave) sepakat memakai nama Nirvana untuk band mereka. Kala itu line upnya Kurt Cobain sebagai Vocalist, Krist Novoselic sebagai Bassis dan Dave Grohl sebagai Drumer. Dave memberi kontribusi yang sangat positif, dia mematangkan materi materi yang telah dikumpulkan Nirvana sebelumnya dengan menambahkan rhytm rythm padat ala grunge Nirvana.
          Setelah band itu melejit dengan album perdana mereka “Nevermind”, Nirvana mendapat kontrak dari Geffen Record. Dan nama Nirvana mulai dikenal seluruh dunia. Pada tahun 94’ saat Kurt bunuh diri, Dave vakum untuk bermusik selama beberapa bulan, dan akhirnya dia kembali bermusik dengan merekam demo album sendiri kemudian memberikan demo itu keteman temannya dan mengajak mereka bergabung. Mereka tertarik bergabung dan akhirnya terbentuklah Foo Fighters dengan formasi awal, Dave (vocalis,gitaris), mantan gitaris tour Nirvana Pat Smear (gitaris), mantan bassis Suny Day Real Estate yaitu Nate Mendel (bassis), dan William Goldsmith (drumer).  Foo Fighters berhasil meraih kesuksesannya sampai saat ini, Menurut Dave, dia membangun Foo Fighters dari kepedihan akan kehilangan sahabat baiknya dan keinginan kuatnya untuk tetap bermusik.
Mungkin sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya guys. Sampai jumpa dipembahasan selanjutnya, jika ada salah salah kata Dtrspot26 mohon maaf, sekian dan trima kasih...
Baca juga :  Kisah kematian sang legenda grunge, Kurt Cobain

No comments:

Post a Comment