Menu

Biografi Nirvana

          
      Biografi Nirvana - Haloo guys untuk kesempatan kali ini Dtrspot26 akan membahas tentang band yang berasal dari negri paman sam, seperti yang kita tau banyak legenda legenda yang lahir di Amerika. Salah satu diantaranya adalah band Grunge yang satu ini.
Nirvana adalah band grunge yang berasal dari kota Aberdeen, Amerika Serikat, yang beranggotakan Kurt Cobain (vocal & Gitar), Krist Novoselic (Bass), dan Dave Grohl (drum). Band ini mendapat kesuksesan awal di kota Seattle, Amerika. Band ini pertama kali manggung pada tahun 1987 dengan formasi saat itu, Kurt Cobain (vocal & gitar), Krist Novoselic (Bassis), dan Aaron Burckhard (drumer) dan pada saat itu band ini belum bernama Nirvana.
Diakhir tahun 1987 Aaron memutuskan untuk hengkang dari band tanpa alasan yang jelas, dan pada awal tahun 1988 Chad Channing (drumer) dan Jason Everman (gitaris kedua) bergabung diband tersebut. Namun pada akhir tahun 1989 Jason mengundurkan diri dan diikuti Chad Canning, kemudian Dave Grohl bergabung untuk mengisi posisi tinggalan Chad Channing sebagai drumer pada tahun 1990, barulah saat itu nama Nirvana diresmikan.
          Pada tahun 1998 single pertama Nivana, “Love Buzz” dirilis. Saat itu Kurt membawa copy rekamannya ke radio KCMU untuk diputar. Setelah itu Kurt langsung
mendengarkan radio dan menunggu lagunya diputar, namun lagunya tak kunjung diputar sehingga Kurt menelpon radio itu melalui telpon umum untuk request lagunya sendiri, dan barulah lagunya diputar. Suatu ironi bagi seorang Rock Star besar yang harus merequest lagunya sendiri agar diputar.
Kurt Cobain, Krist Novoselic, Dave Grohl
          Pada tahun 1991 Nirvana pindah label dari Sub Pop ke Geffen Record, Nirvana berada dibawah naungan Geffen Record bersama Guns N’ Roses. Ditahun yang sama mereka merilis album baru yang berjudul “Nevermind”, dengan hitsnya “Smells Like Teen Spirit”. Awalnya pihak Geffen Record menarget album ini terjual sekurang kurangnya 250 ribu copy, tapi diluar dugaan “Nevermind” malah mencapai penjualan hingga 400 ribu copy perminggunya diamerika.
          Saat itu lah hampir semua radio didunia memutar terus menerus single “Smells Like Teen Spirit” nya Nirvana. Kali ini Kurt tak harus merequest lagunya sendiri aga diputar. Single itu pun melejit tinggi dengan frekuensi terbanyak pada awal tahun 1992 hingga popularitas Nirvana berhasil menyamai Guns N’ Roses, Metallica yang kala itu sangat terkenal. Ditahun ini juga kecanduan Kurt pada heroin mulai menggila, bahkan pada sesi pemotretan Kurt tak bisa berdiri tegak, hal hal seperti ini lah yang nantinya selalu mewarnai hari hari Nirvana. Pada tahun 1993 Nirvana kembali merilis album berjudul “In Utero”. Lirik lirik pada album ini sangat kental akan kehidupan pribadi Kurt. Namun pamor album ini tak secemerlang album sebelumnya.
Pada 2 maret 1994 saat Nirvana sedang menjalani tour diRoma, Italia Kurt mengalami Overdosis. Itu adalah usaha bunuh diri Kurt, terlihat saat dia menggenggam sebuah kertas bertuliskan “aku harus memilih antara hidup dan mati tapi aku memilih mati”. Dan akhirnya pada 1994 Kurt bunuh diri dengan menembakan pistol kekepalanya, Itulah pertanda berakhirnya Nirvana. Beberapa album kompilasi masih sempat dirilis, dan diperkirakan album ini terjual sekitar 50 juta copy diseluruh dunia.
Bagaimana guys, menarik bukan kisah dari band legendaris yang satu ini, mungkin kisah ini bisa menginspirasi sobat Dtrspot26 sekalian. cukup sekian untuk pembahasan kali ini ya guys. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk sobat Dtrspot26 sekalian... terima kasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya.
Baca juga : 7 gitaris terbaik didunia

No comments:

Post a Comment